Peternak selalu mencari kombinasi sempurna dari kualitas yang membuat anjing pemenang acara. Butuh bertahun-tahun percobaan dan kesalahan untuk mencapai campuran yang tepat dan begitu mereka memilikinya, pemulia ingin menghasilkan sebanyak mungkin hewan ini. Seringkali, peternak melakukan inbreeding dalam upaya untuk mempercepat proses atau membuat lebih mudah. Sebagai contoh, seekor anjing betina dengan sifat yang diinginkan dibiakkan dan menghasilkan lima ekor anak anjing. Hanya satu anak anjing, laki-laki, juga memiliki sifat yang diinginkan. Setelah jantan mencapai kematangan, peternak dapat kawin ibu dengan anak laki-lakinya untuk menghasilkan litter, yang semuanya memiliki sifat. Meskipun teknik ini dapat efektif dalam mencapai apa yang dirancang untuk dilakukan, itu dapat menyebabkan masalah serius pada anak-anak anjing dan keturunan mereka. Karena alasan ini, inbreeding adalah ilegal di banyak yurisdiksi.

Banyak masalah yang kita lihat pada beberapa breed muncul karena bertahun-tahun inbreeding. Masalah yang disebabkan oleh inbreeding termasuk radang sendi, masalah jantung, hip dysplasia dan bahkan kanker. Keturunan anjing tertentu telah dibesarkan sedemikian rupa sehingga mereka dalam bahaya menjadi punah. Pit bull terrier telah dibina sedemikian rupa sehingga keberadaan masa depan mereka tidak pasti.

Sama seperti inbreeding dapat menyebabkan kelanjutan dari sifat yang diinginkan, itu juga melanggengkan sifat yang tidak diinginkan. Dari 30.000 gen yang terdiri dari anjing, sekitar 400 gen mengandung masalah genetik. Ketika inbreeding terus berlangsung, sifat-sifat negatif ini menjadi lebih mungkin muncul. Masalah-masalah seperti kebutaan, masalah mental, kegagalan organ dan ketulian adalah hal yang umum dalam garis keturunan bawaan.

Seperti yang dapat ditunjukkan oleh kondisi displasia panggul, satu-satunya cara untuk menghilangkan kondisi ini adalah dengan hati-hati mengendalikan garis keturunan hewan yang dibiakkan. Hanya garis yang tidak berhubungan dan yang telah menunjukkan beberapa generasi tanpa displasia

Jika Anda mempertimbangkan untuk mendapatkan anjing berdarah murni, penting bagi Anda untuk meneliti garis keturunan anjing sejauh mungkin. Anjing dengan keragaman terbesar dalam gen mereka akan menjadi yang tersehat dan paling tidak mungkin menderita masalah yang disebabkan secara genetik. Jika seorang peternak ragu-ragu untuk mengungkapkan sejarah Anda harus curiga dan mungkin harus mencari peternak lain. Jika Anda tidak yakin apa yang harus dicari, ada banyak sumber online yang dapat memberi tahu Anda tentang masalah umum yang diderita oleh ras yang berbeda. Berbekal informasi ini Anda akan lebih mampu mengenali kondisi di ibu dan ayah, jika Anda bisa melihatnya. Ini juga akan memungkinkan Anda untuk secara khusus mempertanyakan peternak dan bahkan menambahkan ketentuan ke dalam kontrak pembelian.