[ad_1]

Kendaraan tujuan khusus (SPV) atau entitas bertujuan khusus (SPE) adalah badan hukum yang dibuat oleh perusahaan (sponsor) untuk tujuan tertentu dan terbatas: Untuk risiko, untuk melakukan beberapa transaksi, untuk memiliki aset, untuk meminimalkan risiko dan untuk memaksimalkan keuntungan bagi perusahaan sponsor, kadang-kadang dengan mengambil keuntungan dari perbedaan dalam lingkungan hukum, peraturan atau akuntansi.

Biasanya tidak ada kantor, manajemen atau karyawan. SPEs sering terdiri dari satu set dokumen hukum. Mereka dapat membiayai anak perusahaan, atau perusahaan induk, perseroan terbatas, perusahaan baru, kepercayaan, atau kemitraan. Hanya imajinasi yang menjadi batasnya.

SPE biasanya "kebangkrutan jauh". Jika perusahaan sponsor memiliki masalah keuangan, kreditornya tidak dapat menyita aset SPE.

Apakah kendaraan dengan tujuan khusus (SPV) legal?

SPVs adalah legal sempurna, dan hampir semua perusahaan besar (dan dihormati) menggunakannya. Ini bukan SPV itu sendiri; itu cara yang digunakan yang bisa ilegal.

Entitas bertujuan khusus digunakan dalam manajemen risiko keuangan, karena mereka adalah cara yang sangat baik untuk memisahkan kegiatan tertentu (risiko) dari operasi inti perusahaan. Dengan mengisolasi proyek-proyek berisiko tinggi dari organisasi induk dan dengan memberi kepada investor baru kesempatan untuk mengambil bagian dari risiko yang sangat spesifik dalam perusahaan dengan neraca yang sederhana dan jelas (karena dibuat hanya untuk satu tujuan saja, dan ada tanpa kewajiban hutang), SPE pasti dapat membantu baik, perusahaan maupun investor.

Menurut Sistem Bank Sentral Eropa (ESCB), SPE dapat berupa dana investasi, perusahaan kendaraan keuangan, perusahaan keuangan yang bergerak di bidang pinjaman, perusahaan holding keuangan, agen keamanan dan derivatif dan "orang lain".

SPE bisa ilegal, dan dapat digunakan untuk penghindaran pajak, penghindaran pembatasan peraturan, pencucian uang, salah saji atas penghasilan dan penyembunyian masalah.

Bendera Merah Apakah SPE dimasukkan dalam surga pajak? Mengapa? Apakah SPE dimasukkan di tempat di mana tidak ada aktivitas dari perusahaan sponsor? Apakah SPE meningkatkan utang tanpa membuatnya jelas bagi para investor dari perusahaan sponsor?

[ad_2]